Cara Mudah Mencuci Jersey

Membeli kaus atau jersey sepak bola favorit membuat kita harus serius merawatnya. Salah sedikit, maka kostum kebanggaan yang dibeli dengan uang tak sedikit itu akan rusak dan tidak nyaman dilihat.

Yah, jersey sepak bola asli dengan merek Nike atau Adidas yang dijual di toko-toko resmi memang tidak murah. Rata-rata seharga Rp650 ribu dan lebih mahal Rp100 ribu untuk yang berlengan panjang.

Jadi sebelum membeli, ada baiknya mengetahui cara mencuci jersey tim kesayangan dengan baik dan benar. Ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam membersihkan kaus sepak bola.

Paling penting adalah jangan menyetrika kostum tim. Hal ini berisiko membuat sablonan nomor, nama punggung dan sponsor di dada bisa terkelupas. Bahkan, hal itu bisa menimbulkan bekas pada bahan kaus jika terlalu panas. Tak hanya itu, kostum juga bisa cepat berbulu.

Selain itu, jangan menggunakan mesin cuci saat membilasnya. Pemain belakang klub Mitra Kukar, Seftia Hadi menjelaskan, kostum lebih baik dicuci sendiri dengan cara direndam.

“Kostum tinggal direndam saja sama pewangi,” ujarnya.

Seftia menambahkan, tak hanya pewangi, kostum juga harus direndam dengan deterjen. Untuk jenisnya tak ada deterjen khusus yang digunakan untuk mencuci kostum bolanya.

“Ya pakai deterjen yang biasa dijual aja,” imbuhnya.

Kostum direndam selama kurang lebih 2-3 menit. Jersey dicuci dengan cara diangkat dan dicelupkan secara berulang-ulang secara vertikal. Jika kostum tim sudah sangat kotor, aduk pake tangan ke kiri dan ke kanan. Tapi jangan kelamaan, cukup dua sampai tiga kali saja. Atau juga bisa dikucek-kucek. Namun perlu dingat, jangan sampai kena bagian yang rentan rusak, seperti nomor dan nama punggung, sponsor di dada atau sablonan di bagian tengkuk.
Jangan memeras atau memelintir kostum tim. Sebab bisa merusak sablonan dan juga bisa membuat benangnya keluar.

“Jangan pernah sikat kostum tim. Itu bisa bikin cepet rusak,” jelas Seftia yang merupakan salah satu pemain timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2011 lalu.

Jika sudah selesai dicuci, tinggal rendam kostum tim ke dalam ember yang hanya berisi air. Tujuannya adalah untuk menghilangkan noda kecil dan bekas busa dari ember yang berisi deterjen.  Langkah terakhir adalah menjemur kostum tim.

Untuk soal yang satu ini, Seftia mengaku bahwa dirinya hanya menjemur dengan cara biasa. Namun perlu diketahui, kostum tim tak boleh dijemur langsung di bawah sinar matahari. Dan jangan pernah mengeringkan jersey dengan menjemurnya dekat pendingin ruangan atau AC! Itu bisa bikin jersey kering dan kaku yang nantinya malah jadi cepat rusak!

Setelah kering, kostum tim dapat langsung diletakkan dalam lemari koleksi Anda atau bisa langsung digunakan. Kostum tim tidak disetrika tidak apa-apa.

Seftia mengaku jarang mencuci kostumnya. Rata-rata pemain sepak bola profesional memang jarang membersihkan kostum mereka sendiri, karena manajemen tim sudah menyiapkan staf khusus untuk membersihkan kostum tim mereka.

referensi: http://id.olahraga.yahoo.com/news/soccer–cara-mudah-mencuci-jersey–065825856.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s